STRUKTUR MIKROANATOMI LINGUA ULAR KOBRA (Naja sputatrix Boie 1827) DAN ULAR PUCUK (Ahaetulla prasina Boie 1827)


Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman ular. Ular merupakan fauna yang unik karena tidak memiliki tungkai dan juga karena adanya Organ Jacobson. Lingua pada ular berfungsi untuk menangkap partikel-partikel kimia (khemoreseptor) yang terdapat di udara untuk kemudian disalurkan pada Organ Jacobson yang terdapat pada langit-langit mulut ular untuk selanjutnya diterjemahkan menjadi berbagai macam informasi. Ular yang digunakan pada penelitian ini adalah Naja sputatrix dan Ahaetulla prasina. kedua jenis ular tersebut dipilih karena mudah dijumpai, memiliki warna lingua yang berbeda, pola perilaku dalam khemoreseptor yang juga berbeda serta berasal dari familia yang berbeda. Permasalahan yang timbul adalah bagaimanakah struktur mikroanatomi lingua Naja sputatrix dan Ahaetulla prasina serta adakah perbedaan struktur mikroaanatomi pada keduanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur mikroanatomi lingua Naja sputatrix dan Ahaetulla prasina. Penelitian ini diharapkan bermanfaat untuk menyediakan informasi mengenai struktur mikroanatomi lingua Naja sputatrix dan Ahaetulla prasina sehingga dapat digunakan sebagai acuan untuk penelitian lain yang berhubungan dengan topik kajian ini. Pembuatan preparat lingua kedua ular tersebut menggunakan metode parafin, fiksasi dengan larutan Bouin dan pewarnaan dengan Hematoxylin-Eosin. Pengamatan dilakukan pada struktur mikroanatomi dan makroanatomi lingua ular tersebut. Pengamatan makroanatomi pada kedua lingua tersebut jelas menunjukkan perbedaan warna yaitu hijau kebiruan pada lingua Ahaetulla prasina dan coklat kehitaman pada lingua Naja sputatrix. Penampang melintang lingua kedua ular tersebut cenderung sama, yaitu lapisan epitel pipih berlapis dengan kornifikasi, dilanjutkan dengan lamina propria dan bagian paling dalam yang berupa anyaman otot seran lintang. Perbedaan struktur lingua pada keduanya terletak pada pigmentasi lingua, struktur otot dan juga letak pembuluh darah.

Kata kunci: Ahaetulla prasina, lingua, Naja sputatrix


MICROANATOMICAL STRUCTURE OF COBRA (Naja sputatrix Boie 1827) AND GREEN TREE SNAKE (Ahaetulla prasina Boie 1827)’S TONGUE

Indonesia is a country which is very well-known for it’s wealthy of snake diversity. Snake is a unique animal because of the leg absence and the presence of Jacobson Organ. The snake’s tongue is functioned as a chemoreceptor. The tongue will captured the chemical particles which is spread all over the air and transmitting them to the Jacobson Organ which is located in the mouth attic. The chemical particles will be translated in olfactory lobes as environmental information such as the location of predator or prey. The snakes which are used in this research are Naja sputatrix and Ahaetulla prasina. Both of them were chosen because they are easily find, the difference of tongue color, the difference of chemoreceptor behavioral pattern and they are derived from different family. The aim of this study are knowing the micro-anatomical structure of Naja sputatrix and Ahaetulla prasina‘s tongue and looking for the differences between Naja sputatrix and Ahaetulla prasina‘s tongue micro-anatomical structure. Preparation method used in this study is paraffin method, fixation using Bouin and staining using Ehrlich Hematoxylin-Eosin. The result of macro-anatomical observation is the color difference where the Ahaetulla prasina’s tongue color is bluish green while Naja sputatrix’s tongue color is blackish brown. Their tongue micro-anatomical structure are the same, that is stratified squamous epithelium with cornification lining the outer most part of the tongue, inside the epithelium layer there are lamina propria and the most inner part of the tongue are bundles of skeletal muscles. The difference between their tongue structures are the pigmentation (the number of melanophores), the structure of the muscles and the location of blood vessels.

Key words: Ahaetulla prasina, tongue, Naja sputatrix

Comments

Popular posts from this blog

Filsafat Ilmu

Ektoparasit pada Kucing Liar

Tugas Kuliah: Northern Blotting