Tanya: Suara Dentuman yang Terdengar di Daerah Sleman Barat

Hello, just a quick question untuk orang-orang yang tinggal di daerah Sleman Barat, Yogyakarta. Dua hari belakangan ini (21-23 Agustus 2020) saya sering mendengar dentuman yang mirip dengan suara letupan kembang api saat ditembakkan ke udara. Tapi karena hampir setiap saya dalam kondisi tidak tidur saya selalu mendengarkan narrated horror stories di YouTube, mungkin di hari-hari sebelumnya juga ada, tapi saya tidak dengar dan belum aware saja. Suara dentuman ini lebih sering terdengar saat malam/dini hari karena suasana lebih sepi, tapi ternyata di pagi/siang hari juga terdengar kalau suasana cukup tenang. Suara dentuman ini biasanya berkali-kali dalam satu waktu, kemudian diam, beberapa menit/jam kemudian baru mulai lagi rentetan dentuman, berhenti lagi dan lanjut lagi. Jadi seperti siklus yang terus menerus tapi tidak berpola dalam hal durasi. Suaranya juga kadang agak keras, kadang lebih pelan. Pertanyaan saya, apakah kalian yang tinggal di daerah Sleman Barat juga mendengarnya? Kalau iya, adakah yang tahu sumber suaranya dari mana? Hanya ingin tahu saja, soalnya bikin penasaran. Sempat kepo apakah ada hubungannya dengan Gunung Merapi, tetapi saya cek Twitter BPPTKG tidak ada update apapun tentang hal ini jadi sementara saya simpulkan tidak ada kaitannya dengan Gunung Merapi. Adakah yang punya informasi lebih? Nuwun.

Update 30/08/2020
Setelah beberapa hari tidak mendengar suara dentuman tersebut, pagi ini kedengaran lagi sekitar pukul 8.30 pagi. In case ada yang notice dan tahu sumber suaranya. Beneran cuma penasaran kok, apa mungkin suaranya man-made? Misal dari pabrik atau usaha lainnya. Kalau ada yang tahu, please tell me yaa. Kalau udah penasaran, otak jadi kepo hehe. Makasih.

Update 01/09/2020
Malam ini kedengaran lagi, sempat saya rekam sedikit. Maaf suaranya lumayan pelan karena ya memang suaranya kedengaran agak jauh. Detik ke 40 yang paling keras.


Comments

Popular posts from this blog

Filsafat Ilmu

Ektoparasit pada Kucing Liar

Tugas Kuliah: Northern Blotting