OOT: CreepsMcPasta & Kumori

Ada yang suka mendengarkan narasi cerita horror/misteri di YouTube? Saya baru mulai mendengarkan cerita-cerita seperti ini sejak awal tahun ini sepertinya (agak lupa). Pada mulanya, ada rekomendasi video yang berupa cerita (entah fiksi atau kisah nyata) tentang deep/dark web di YouTube saya. Karena penasaran, saya  dengerin ceritanya, ternyata menarik. Setelah itu saya mulai ketagihan cerita semacam itu, jadi saya mencari sebanyak mungkin cerita tentang deep/dark web dari berbagai narator, dan mulai jatuh cinta dengan channel Dr. Creepen. Di situ saya mulai mendengarkan kisah nyata lain, dan lanjut dengan urban legends dan semacamnya sampai hampir semua video Dr. Creepen sudah saya tonton. Sambil nunggu video baru dari Dr. Creepen, saya mulai cari narator lain, sempat mampir lama di channel Let's Read karena banyak yang kisah nyata, tapi sayangnya pendek-pendek. Akhirnya berlabuh juga di channel CreepsMcPasta setelah nyoba dengerin beberapa narator seperti Mr. Creeps, MrCreepyPasta, The Dark Somnium, dll.

Setiap hari saat saya tidak mengerjakan pekerjaan, tidur, atau keluar rumah, biasanya saya terus muter video narasi dari CreepsMcPasta. Untuk saat ini, saya 50:50 lah sukanya antara CreepsMcPasta dan Dr. Creepen. Dua-duanya punya suara yang menghipnotis, bikin nggak bosen dengerinnya. Oh iya, para penutur CreepyPasta dari Reddit ini biasanya nggak nampilin wajah di video YouTube mereka, jadi kita cuma dengerin suaranya. Tapi kalau kepo sih, ya sah-sah aja kalau mau nyari foto mereka di Google atau media sosial lainnya. Kalau saya, cuma dengerin di YouTube aja, paling cuma follow Instagram Dr. Creepen, jadi nggak ngerti banyak tentang komunitas mereka, secara saya newbie dan cuma suka dengerin ceritanya tanpa berinteraksi dengan mereka atau komunitasnya. 

Pagi ini, pas buka video rekomendasi di home feed YouTube saya, channel CreepsMcPasta upload video yang nggak kaya biasanya. Nggak biasa soalnya ada wajahnya Si CreepsMcPasta. Judul videonya adalah "Response". Pas lihat itu, agak bingung sih, apakah ini format video baru untuk ceritanya atau dia hanya menyampaikan pesan tertentu. Beberapa menit awal video, baru paham ternyata itu video klarifikasi. Dia bilang bahwa ada tuduhan terhadapnya yang diupload di salah satu channel YouTube. Karena nggak tahu masalahnya apaan, sebelum lanjut nonton response CreepsMcPasta, saya cari video yang dia maksud dulu. 

Jadi di video tersebut, ada 2 orang wanita, satu sebagai pewawancara, dan satunya diwawancarai. Yang diwawancarai pakai nama Kumori, bukan nama asli. Intinya sih, Kumori ini bercerita tentang "hubungannya" pas dia masih SMP dengan CreepsMcPasta yang saat itu sudah dewasa. Katanya sih kejadiannya terjadi di 2012an, awal-awal CreepsMcPasta mulai YouTube-nya. Kumori bilang kalau dia suka sama CreepsMcPasta, awalnya sih karena suaranya, terus dia coba ngontak CreepsMcPasta dan akhirnya mereka tukeran kontak Skype. Singkatnya, Kumori menceritakan kalau CreepsMcPasta itu ada ketertarikan seksual dengannya yang masih di bawah umur, intinya semacam bilang kalau CreepsMcPasta itu ada kecenderungan pedofil. Selain CreepsMcPasta, Kumori juga nyebutin satu nama teman CreepsMcPasta yang juga bersikap "aneh". Pewawancara secara umum ngasih support ke Kumori, dan menegaskan kalau perilaku pedofilia itu yang salah, dan kalau Kumori mau lapor, akan dibantu. Video lengkapnya bisa ditonton di sini.

Setelah selesai nonton video itu, saya balik nonton lagi jawaban dari CreepsMcPasta. Singkatnya, dia bilang kalau kemungkinan besar, Kumori di-catfish oleh orang lain. CreepsMcPasta ngasih beberapa bukti dan pembelaan dia, dia juga minta supaya audiens dia nggak menyerang Kumori, karena mungkin Kumori juga korban. Videonya bisa ditonton di channel CreepsMcPasta, nggak saya link di sini karena katanya akan dihapus seminggu ke depan.

Saya sih netral ya, bisa jadi apa yang dibilang CreepsMcPasta benar, jadi baik CreepsMcPasta ataupun Kumori adalah korban. Atau, bisa juga salah satu dari mereka berbohong. Konsekuensi yang cukup berat mungkin bakalan ada di CreepsMcPasta ya, karena mungkin saja dia akan kehilangan channel YouTube-nya yang udah punya lebih dari 1 juta subscribers. I'm not an expert in this matter (like telling if someone is lying or something) so I'm just gonna stay neutral, biar mereka yang menyelesaikan masalahnya. Semoga sih, jangan sampai YouTube dia kenapa-napa, I need it. 

Salah satu pelajaran yang bisa kita ambil dari cerita ini adalah, hati-hati dalam menyebarkan informasi pribadi di internet, jangan kasih personal details ke orang-orang yang belum kalian kenal lama. Bisa jadi nanti informasi tersebut disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Akun palsu di media sosial sangat banyak, dan masih saja ada korban yang kena, entah materi ataupun perasaan. Tapi di jaman sekarang, teknologi untuk video calling udah canggih, pastikan kalian ngobrol dengan who they say they are. Semoga cerita CreepsMcPasta ini bisa jadi cautionary tale untuk orang lain. Have a good day!

Comments

Popular posts from this blog

Filsafat Ilmu

Ektoparasit pada Kucing Liar

Tugas Kuliah: Northern Blotting