Pengalaman Pribadi: Cari Penghasilan Online dalam Dollar

Kalian yang punya banyak waktu luang, mungkin kadang kepikiran untuk mencari penghasilan tambahan ya. Semingguan belakangan ini, saya coba cari-cari info tentang apa yang mungkin bisa kita lakukan untuk memperoleh uang tambahan online. Kalau kalian cari di Google, salah satu jawaban yang paling sering muncul adalah "survey online". Benarkah kalian bisa memperoleh penghasilan dari sini?

Dari beberapa website survey online yang saya coba, mungkin kenyataannya nggak semanis iklan yang ditampilkan. Banyak website survey online yang baru melakukan pembayaran/payout setelah kita mencapai jumlah akumulasi tertentu. Oh iya, sistem reward dari website survey online itu ada 2 macam, ada yang memberikan dalam bentuk uang, ada yang menggunakan sistem poin. Reward yang bisa kita peroleh per survey yang kita isi bisa bervariasi (dari pengalaman saya, range mungkin dari USD 0.50-2.00 per survey dengan durasi pertanyaan 5-45 menit). 

Tadi sudah saya sebutkan bahwa beberapa website survey online ini baru membayar kalau reward yang sudah kita kumpulkan mencapai jumlah tertentu. Sekarang kita bahas kesulitan/kendala yang akan kalian alami untuk mencapai jumlah tertentu tersebut, jika kalian mencoba survey online. Yang pertama, jumlah online survey terbatas, jadi tidak selalu ada setiap kita ingin mengisi survey. Yang kedua, ada batasan jumlah responden, jadi kalau kalian buka email notifikasi terlambat (atau bahkan tidak mengaktifkan notifikasi), bisa jadi jumlah kuota telah terpenuhi dan kalian tidak bisa berpartisipasi. Yang ketiga, tiap survey terkadang mempunyai demografi yang spesifik, misal untuk perusahaan fashion wanita, mereka hanya akan menyasar responden wanita, pokoknya sesuai dengan target pasar mereka. Untuk menyeleksi kriteria ini, biasanya ada pertanyaan kualifikasi terlebih dahulu, kalau kalian memenuhi syarat, bisa lanjut ke survey utama, kalau gagal ya harus menanti survey selanjutnya. Jadi kalian harus sabar dengan penolakan ya haha. Oh iya, catatan penting, kalian harus mengisi profil sejujur mungkin, juga ketika mengisi survey. Biasanya ada pertanyaan validasi tentang profil kalian, misal tanggal lahir dan semacamnya, kalau kalian ngisinya asal kemudian ketika menjawab salah, bisa didiskualifikasi untuk pengisian survey. Ketika kalian menjawab pertanyaan survey, kalian harus memperhatikan pertanyaannya, kalau kalian njawab terlalu cepat (seolah tidak membaca pertanyaan), isian kalian bisa tidak dianggap. Terkadang pembuat survey juga menyertakan pertanyaan untuk mengecek apakah kalian membaca soal, misalnya disuruh memilih jawaban A, jadi kalau kalian nggak milih A, isian survey kalian juga nggak akan dianggap. Oh iya, ada beberapa survey yang desktop only, jadi tidak bisa diisi lewat hp. Koneksi internet yang stabil juga perlu karena kalau sambungan terputus sebelum selesai, bisa jadi jawaban kalian nggak dipakai juga.

Terus, kira-kira website online survey apa yang direkomendasikan? Kalau dari saya pribadi, ada 2 websites. Kenapa? Karena 2 websites ini langsung mengirim reward ke akun PayPal kalian, setiap selesai mengisi survey. Jadi nggak harus nunggu sampai jumlah tertentu yang bisa lamaaa banget. Kedua website itu adalah:

  • Surveytime: durasi pengisian survey bervariasi, biasanya dapat USD 1.00 untuk tiap survey dan langsung dikirim ke akun PayPal kalian. Kalau mereka kehabisan survey yang biasa, kadang kalian ditawari untuk ikut survey dengan durasi yang lebih pendek dengan reward USD 0.50 yang juga langsung dikirim ke akun PayPal kalian.
  • e-Research Global: saya pernah coba mengisi satu survey di sini dengan nilai USD 0.50 dan langsung dikirimkan juga. Kadang ditawari survey dari partner-nya juga, tapi yang partnernya ini payout-nya kalau sudah mencapai jumlah tertentu.
Beberapa website lain yang bisa kalian coba, tapi dari pengalaman saya, survey yang ditawarkan jarang banget: 
  • Mobrog: reward dalam dollar, tapi payout kalau sudah mencapai jumlah tertentu. 
  • YouGov: reward dalam bentuk poin, baru bisa ditukar dengan nominal Rp 200.000,00 kalau sudah dapat 5000 poin, survey-nya agak jarang dan yang sudah saya coba, per survey poin yang diperoleh di bawah 500, jadi ya akan lama untuk dapat target poin untuk payout.
  • Toluna: reward dalam bentuk poin, saya sih jarang dapat tawaran survey, tapi yang ini lebih cepat untuk payout sepertinya karena minimal payout 10.200 poin (untuk Rp 20.000,00 dan saya baru mengisi 2 survey dapat 6500 poin).
Jika kalian tertarik, silakan dicoba. Rekomendasi asli dari pengalaman pribadi, bukan endorse LOL. Siapa tahu rejeki kalian dari sini, dan mungkin kalian yang lebih dibutuhkan untuk riset mereka. Sharing is caring. Love ya!

Update 06/09/2020
Untuk Toluna, saya sudah mencoba klaim reward 2 kali, masing-masing penukaran 10.200 poin dengan nominal Rp 20.000,00 (mungkin karena di PayPal saya adanya dollar, dikirim dalam dollar juga, jadi USD 1.35). Yang sudah saya terima baru sekali karena pemrosesan pengirimannya agak lama (mungkin 2 mingguan). Jadi, Toluna beneran bayar ya. Mungkin untuk dapat 10.200 poin, bisa mengisi sekitar 2-4 survey.

Saya sudah nyobain survey online hampir sebulan, karena masih baru mungkin juga belum banyak ditawari survey ya. Sejauh ini saya dapt sekitar USD 15.00, sebenarnya lebih sih, tapi ada yang masih pending pengirimannya, dan beberapa ada di website survey online yang perlu jumlah tertentu untuk cashout, jadi ya mungkin tak ikhlasin aja haha. Pernah lihat jawaban di Quora, ada yang bisa dapet beberapa ratus dollar dari online surveys per bulan, Siapa tahu kalian bisa seberuntung mereka kalau nyobain. Good luck.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Filsafat Ilmu

Ektoparasit pada Kucing Liar

Tugas Kuliah: Northern Blotting